Traveling Paling Berkesan dalam Hidupku

Traveling paling berkesan

Traveling  Paling Berkesan dalam Hidupku  Sebetulnya semua perjalan traveling pasti selalu ada kesan yang sangat mendalam.  Tergantung darimana kita melihat sudut pandangnya.  Bisa dari sudut pemandangannya yang luar biasa, pengalaman yang tak terlupakan, hikmah, atau apapun kejadian-kejadian yang kita alami selama melakukan traveling.

Meski belum banyak traveling yang saya lakukan tetapi saya sangat bersyukur sekali diberi kesempatan yang luar biasa di usia yang sudah tidak lagi muda.  Tidak ada kata terlambat, dan saya mensyukuri keterlambatan ini, karena datang pada saat yang tepat, Allah SWT tau yang terbaik untuk hambaNya.  Jiwa pengembara dapat tersalurkan saat anak-anak sudah besar dan mandiri.  Suami pun mendukung dan mengizinkan… alhamdulillah.  Agar lebih bermanfaat maka saya tulis kisah ini dalam Traveling Paling Berkesan dalam Hidupku

5 Manfaat Traveling Menurut Iman Syafi’i

Jadi teringat apa yang diungkapkan oleh Imam Syafi’i di dalam biografi karangan Dr. Tariq Suwaidan tentang traveling. Tentu saja bukan untuk main-main karena menurut Imam Syafi’i ada lima manfaat yang dapat kita peroleh saat traveling. Hal ini diungkapkan oleh Khalid Basalamah dalam ceramahnya.  Kelima hal tersebut adalah:

  • Traveling dapat mengubah hati yang sedih menjadi bahagia
  • Akan memberikan ide-ide karena sering berinteraksi dengan berbagai tipe manusia dan hal di perjalanan
  • Traveling membuka wawasan kita, jadi banyak mengetahui hal-hal yang baru
  • Traveling memperluas pertemanan, mendapatkan persahabatan yang benar
  • Traveling mendidik kita lebih beradab

Kutipan Imam Syafi’i tentang traveling :

Orang yang berakal dan berbudaya tak kan tenang berdiam di satu tempat

Karena itu, tinggalkanlah kampung halaman dan mengembaralah!

Pergilah, niscaya kau akan menemukan ganti dari orang yang kau tinggalkan

Dan berusahalah karena kenikmatan hidup ada dalam usaha

Aku melihat genangan air dapat merusak air tersebut

Sekiranya air itu mengalir, niscaya ia menjadi baik, jika ia diam maka ia menjadi rusak

Seekor singa jika tidak meninggalkan hutan maka ia tidak akan menjadi buas

Anak panah jika tidak meninggalkan busur ia tidak akan mengenai sasaran

Jika matahari selamanya tetap pada orbitnya

Niscaya orang Arab dan non Arab akan bosan melihatnya

Emas itu seperti tanah jika dibiarkan di tempat aslinya

Dahan yang jatuh ke tanah hanya akan menjadi kayu bakar

Jika seseorang mengembara maka pencariannya akan mulia

Jika ia mengembara maka ia akan mulia seperti emas

Traveling yang paling berkesan dalam hidupku

Dari beberapa traveling yang saya lakukan, traveling ke KL-Malaka-Singapura-KL merupakan traveling yang paling mengesankan.  Bukan soal tempat dimananya tapi pengalaman berharga yang saya dapatkan.  Duh sepertinya sulit untuk bisa menemukan moment ini kembali bertemu dengan orang-orang sholeh di negeri orang. Belajar dari kebaikan mereka, berusaha mengambil hikmah yang didapat.

Traveling ke sana juga mengajarkan saya untuk banyak berdo’a sebelum traveling.  Biasanya saya lupa menyisipkan do’a diberi keberkahan dalam perjalanan itu.  Namun kondisi waktu itu membuat saya harus berdo’a agar traveling ini tidak sia-sia dan diberi banyak keberkahan.  Alhamdulillah Allah mengabulkan do’a-do’a sebelum berangkat.

Sepertinya kelima manfaat traveling yang disebutkan di atas saya dapatkan dalam perjalanan kali ini.  Limpahan karunia berupa materi, persaudaraan, persahabatan saya dapatkan di traveling kali ini.  Bahkan sampai pulang pun saya tidak membawa pakaian kotor semua dalam keadaan bersih dan sudah disetrika dengan rapi.  Tetap bisa ngaji, sholat malam dan menikmati perjalanan dengan maksimal.  Bahkan di perjalanan pulang pun saya bisa mengambil hikmah yang terserak itu melalui perbincangan dengan seorang nenek traveler di pesawat.

Traveling Paling Berkesan

Mejeng di Jonker Walker Malaka

Jadi mengingatkan banget, untuk selalu berdo’a yang terbaik di setiap aktivitas kehidupan kita.  Mungkin ini dulu ya teman-teman kisah IdaJourneys kali ini.  Banyak yang belum saya tulis tentang perjalanan ini terutama tentang destinasi wisatanya.  Semoga Allah SWT memudahkan untuk menulisnya hingga menjadi kisah yang bermanfaat untuk diri dan para pembaca semua.

Semoga tulisan Traveling Paling Berkesan dalam Hidupku ini bermanfaat ya teman-teman 🙂

3 Comments

  1. Ikrom July 14, 2019
  2. Ristin July 15, 2019
  3. Amir August 23, 2019

Leave a Reply