Tempat Wisata Gratis di Kuala Lumpur

idajourneys,com  Tempat Wisata Gratis di Kuala Lumpur adalah tulis lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yaitu Tips Jalan-Jalan Murah di Kuala Lumpur.  Menikmati Kuala Lumpur memang hanya sekejap saja, dua hari satu malam. itu pun dikorting ‘tragedi’ hingga efektifnya hanya sehari semalam saja.   Keesokan harinya kami harus kembali pulang ke Bandung,  masih ada waktu seharian di Kuala Lumpur, check ini hotel jam 12,00 waktu keberangkatan pesawat menuju Jakarta pukul 18..hmmm dibuang sayang dong yak hehe..

Akhirnya setelah menikmati skypool yang mengasyikan, kami bebenah, check out dari hotel. setelah selesai proses itu kami pun menuju KLCC dengan menggunakan Grab.  Sepertinya Kuala Lumpur sudah banyak diserbu penduduk negeri China yang sudah sangat membludak itu.  Beberapa kali naik Grab supirnya pasti berkebangsaan China yang kurang paham berbahasa Melayu.  Mereka lebih senang diajak berbahasa Inggris ternyata, dari namanya pun terlihat sangat China sekali.

Tempat Wisata Gratis di Kuala Lumpur

Tiba di KLCC kami menitipkan tas kami di locker yang tersedia di sana, locker ukuran kecil biayanya 30 RM dan locker ukuran besar 50 RM, gak bisa ditawar.  Bertiga kami memilih satu locker besar saja akhirnya, daripada dua locker kecil lebih murah satu locker besar.  Alhamdulillah, walau sudah sedikit membengkak dengan oleh-oleh dari Thailand ternyata tas kami semua muat dalam satu locker besar.  Setelah itu kami memutuskan untuk mengunjungi beberapa tempat.  Tempat yang kami tuju adalah tempat wisata gratis di Kuala Lumpur.  Ada banyak sih sebetulnya, ini beberapa tempat wisata gratis di Kuala Lumpur yang bisa kita kunjungi:

Tempat Wisata Gratis di Kuala Lumpur

Menara Kembar Petronas

Menara Kembar  (Petronas Twin Tower – KLCC)

Tempat Wisata Gratis di Kuala Lumpur yang paling hits adalah Menara Kembar Petronas yang merupakan menara kembar tertinggi di dunia. Menara ini  merupakan kantor pusat perusahaan minyak Malaysia yang bernama Petronas.   Sepertinya merupakan tempat wisata wajib dikunjungi bagi yang pertama kali ke Kuala Lumpur.  Pada umumnya para turis akan berfoto di sini, tentu saja dengan latar belakang menara kembar, para turis pun akan berkunjung ke galeri petronas di lantai basement yang berlokasi di dekat pintu masuk ke jembatan udara. skybride.  Di sini para turis masih bisa menikmati wisata dengan gratis, baru diharuskan membayar saat naik ke atas.

Mencapai lokasi ini dari Bandara KLIA2 bisa menggunakan bis bandara dengan biaya 12 RM menuju KLCC, berjalan sekitar 15 menit kemudian  menggunakan LRT dan turun di stasisun Dang Wangi dengan tarif sekitar 4 RM.

Tempat Wisata Gratis di Kuala Lumpur

KL Galery City

Dataran Merdeka (KL City Galery)

Tempat Wisata Gratis di Kuala Lumpur berikutnya  adalah Dataran Merdeka (KL City Galery) Di KL City Galery terdapat banyak bangunan tua peninggalan Inggris yang terjaga dengan baik.  Tak heran karena dulu di masa penjajahan Inggris tempat ini merupakan pusat pemerintahan KL  Dataran Merdeka tempat yang asyik untuk foto-foto, terlebih lagi di sini terdapat spot I Love KL yang hits sebagai tempat berfoto ria.  Sayang tempat ini selalu ramai hingga kalau berfoto di sini harus rela antri.

Berfoto diiantara bangunan-bangunan tua di sini juga mengasyikan, serasa lagi di Eropa soalnya hehe.. Bangunan itu antara lain Bangunan Sultan Abdul Samad, Katedral St Mary the Virgin dan Perpustakaan Kuala Lumpur.  Dinamai Dataran Merdeka karena tempat ini merupakan tempat deklarasi kemerdekaan Malaysia.

KL City Galery merupakan tempat yang paling menarik di sini, di dalamnya terdapat foto-foto sejarah KL dan miniatur KL.  Memasuki KL City Galery harus membeli tiket RM 5 tapi kita mendapatkan voucher belanja yang dapat kita gunakan untuk membeli souvenir di sini.  Menjangkau tempat ini tinggal menaiki LRT laluan Kelana Jaya dan turun di Stasiun Masjid Jamek kemudian berjalan sekitar 10 menit.

Pasar Seni

Pasar Seni

Pasar Seni

Tempat Wisata Gratis di Kuala Lumpur lainnya adalah Pasar Seni,  Tempat ini merupakan tempat berburu souvernir yang mengasyikan.  Siapkan saja banyak RM di sini untuk membeli oleh-oleh hehe..  Tetapi meskipun tidak akan berbelanja souvernir, sayang saja melewatkan tempat ini karena di sini mata kita dimanjakan dengan berbagai kerajinan tangan yang unik.  Menjangkau tempat ini juga cukup mudah tinggal menaiki LRT Laluan Kelana Jaya kemudian turun di Stasiun Pasar Seni.

Masjid Jamek

Masjid Jamek merupakan masjid dengan arsitektur yang unik hingga asyik untuk diadikan objek foto.  Di saat waktu sholat tempat ini tertutup untuk umum, tapi kalau kita muslim kita bisa sholat di sini.  Memasuki kawasan ini kita diwajibkan untuk menggunakan pakaian yang sopan.  Menjangkau tempat ini cukup mudah tinggal menaiki LRT Laluan Kelana Jaya dan turun di Stasiun Masjid Jamek yang juga merupakan stasiun pertukaran laluan Kelana Jaya dan Laluan Ampang.

Jalan Masjid India

Persis di sebelah Stasiun Masjid Jamek kita bisa mengunjungi Jalan Masjid India.  Jadi menggunakan LRT Laluan Kelana Jaya dan turun di Stasiun Masjid Jamek kalau kita mau mengunjungi tempat ini.  Tempat ini seperti pusat lapak produk tekstil murah, souvernir serta barang barang produk KW.  Harga di sini cukup murah tetapi harus ada tawar menawar.  Di sini kita bisa membeli baju muslim, kerudung dan kaos kaos bertema KL dan Malaysia.

Kuil Batu Caves

Menjangkau tempat ini kita menggunakan KTM Komuter dari KL Sentral kemudian turun di Stasiun Batu Caves, persis di sebelah kuil.  Kuil ini merupakan kuil Hindu Tamil yang paling terkenal di Malaysia.  Tempat ini terkenal karena di sini terdapat patung setinggi 42 m yang berlapis emas.  Patung ini merupakan patung Dewa Murugan yang merupakan patung Dewa Murugan tertinggi di dunia.  Pengunjung harus menaiki tanggal sebanyak 272 anak tangga untuk mencapai tempat pemujaan karena tempatnya di tebing batuan kapur.

Tempat Wisata Gratis di Kuala Lumpur

Kuil Batu Caves (Credit: Wikipedia)

Sebetulnya masih banyak tempat Wisata Gratis  di Kuala Lumpur lainnya seperti Kuil Sri Mahamariamman, Taman Tasik, Jalan Petaling, Masjid Negara, Stesen Kuala Lumpur dan lain-lain, tapi cukup ini dulu yang saya tulis, mungkin nanti saya akan melanjutkannya kalau jalan-jalan lagi ke Kuala Lumpur ..hahaha… Semoga saja ada takdirnya.  Rencananya si sulung sebelum berlibur di Indonesia mau transit di sini, nah kesempatan untuk saya menjemputnya di sini hehe..*modus.

17 Comments

  1. Renidwiastuti February 27, 2018
  2. Tian Lustiana February 28, 2018
  3. Herva Yulyanti February 28, 2018
  4. kurnia amelia February 28, 2018
  5. Bibi Titi Teliti February 28, 2018
  6. Sri Al Hidayati February 28, 2018
  7. Dessy Natalia February 28, 2018
  8. Risky Nuraeni February 28, 2018
  9. Dyah February 28, 2018
  10. Larasati Neisia February 28, 2018
  11. Armita Fibriyanti February 28, 2018
  12. Nurul Fitri Fatkhani February 28, 2018
  13. lendyagasshi March 1, 2018
  14. Hidayah Sulistyowati March 1, 2018
  15. evi sri rezeki March 1, 2018
  16. Nurul Mutiara RA March 10, 2018
  17. Sandra Hamidah March 27, 2018

Leave a Reply