Tempat Wisata di Singapura

Tempat Wisata di Singapura

ida journeys.com  Tempat Wisata di Singapura  Akhir tahun akan segera tiba nih teman-teman, ada yang sudah mempunyai rencana untuk liburan akhir tahunnya kah?  Semoga liburan akhir tahunnya berjalan lancar ya, jadi moodbooster untuk menghadapi tahun depan lebih semangat dan optimis.  Barangkali ada yang mau jalan-jalan ke Singapura, setelah tulisan bagian pertama di sini. kali ini saya menuis tentang Tempat Wisata di Singapura.

Sebetulnya saya menunggu pengalaman Ka Azizah yang sudah daftar ikut tours bandara gratis di Bandara Changi Singapura.  Tadinya tulisan tentang Tempat Wisata di Singpura ini mau ditambahkan dengan pengalaman Kaka mengikuti tours bandara.  Siapa tahu ada yang membutuhkan informasi itu saat transit di Singapura.

Sayangnya ternyata kaka terlambat ke meeting point, padahal sudah berjam-jam di Bandara Changi.  Huhu..akhirnya kaka jalan-jalan berdua teman barunya yang dikenal di bandara, temannya itu sendirian juga tujuannya mau ke Tokyo tapi harus transit dulu di Singapura.  Ga jadi deh tulisan Tempat Wisata di Singapura ini ditambah informasi tour bandara.  Tapi sekedar informasi buat teman-teman yang transit di Singapura bisa lho ikut tour bandara gratis, tapi memang harus reservasi sebelumya.

Baeqlah kita kembali ke laptop, tidak terlalu banyak yang Tempat Wisata di Singapura yang kami kunjungi adalah

Tempat Wisata di Singapura

Berfoto dgn Background Merlion Park, sayang lagi ga keluar air muntahnya hehe

Merlion Park

Tempat Wisata di Singapura yang pertama kali kami kunjungi adalah Merlion Park.  Kalau naik MRT untuk ke Merlion Park kita bisa turun di Rafles Place Station (Jalur merah/hijau) kemudian kita mencari exit H (six battery road).  Jalan menuju arah Singapore River kemudian belok ke arah Fullerton Hotel.  Kemudian kita jalan menyebrangi Fullerton Road turun ke jalanan di sisi sungai di bawah jembatan Esplanade.  Bisa juga dari Gedung Esplanade menyebrangi jembatan menuju Merlion Park.

Destinasi Wisata di Singapura

Merlion Park di malam hari, lebih indah dihiasi kerlipan cahaya lampu

Patung Merlion dianggap sebagai ikon Negara Singapura yang paling terkenal, hingga sering dikatakan belum ke Singapura kalau belum di foto dengan latar belakang patung ini.  Merupakan patung yang berbentuk ikan duyung dengan kepala singa.

Patung ini berukuran tinggi 8,6 meter dengan bobot 70 ton dibuat dari campuran semen yaitu badannya dari semen,  oleh Mr Lim Nang Seng seorang pengrajin lokal.  Di belakang Merlion Park ini ada anaknya Merlion yang berbentuk sama namun lebih kecil dengan tinggi dua meter dan bobot 3 ton dibuat oleh Mr Lim badannya dari semen, kulitnya porselen dan matanya dari cangkir teh kecil.

Pemandangan dan suasana malam terlihat lebih menarik karena disinari cahaya lampu yang gemerlap.  Untuk masuk ke Merlion Park ini gratis dan bisa kapan saja karena merupakan taman yang terbuka untuk umum.  Asyiknya di sini kita bisa melihat pemandangan landscape kota Singapura, yang luar biasa.  Kita bisa melihat bangunan Marina Bay Sands, Singapura Flyer, Esplanade dan banyak lagi yang lainnya.  Merlion Park ini sepertinya merupakan Tempat Wisata di Singapura yang utama di Singapura.

Destinasi Wisata di Singapura

Marine Bay Sands tiga gedung jadi satu

Marina Bay Sands

Tempat Wisata di Singapura selanjutnya yaitu Marina Bay Sands. Selain Patung Merlion, berfoto dengan latar belakang Marina Bay Sands akan menunjukkan kita sedang berada di Singapura.  Lokasi Marina Bay Sands tepatnya di Sands 10 Bayfront Anenue Singapura.  Menuju tempat ini bila naik kereta MRT kita tinggal turun di stasiun MRT Prmenade atau Stasiun Marina Bay.  Dari kedua stasiun ini kita hanya perlu jalan kaki sebentar menuju Marina Bay Sands.

Kami dari Merlion Park berjalan kaki menuju tempat ini, dan itu tidak terlalu jauh.  Sambil menikmati suasana yang rapi dan indah serta berfoto di beberapa spot menarik perjalanan menjadi tidak terasa.  Marina Bay Sands ini  sangat unik karena merupakan tiga buah gedung yang dihubungkan dengan bangunan mirip kapal.

Di bagian atas Marina Bay Sands ini terdapat kolam renang terpanjjang berukuran 150 meter di ketinggian 200 meter kita bisa berenang sambil menikmati pemandangan Kota Singapura. Untuk naik ke tempat ini kita dikenai biaya Rp 250 ribu per orang.

3.  Esplanade

Masih di sekitar Singapura River, berjalan kaki dari Marlion Park kita akan menemukan sebuah tempat wisata pusat seni dan pertunjukan di Singapura yang bernama Esplanade.  Tempat ini sering disebut gedung durian atau Theetres on The Bay.  Berlokasi di 1 Esplanade Dr. Singapura,  sebrang Marlion Park.

Bila memakai kereta MRT menuju lokasi ini kita turun di Stasiun City Hall atau bisa juga di Esplanade Circle Line Station (Exit D). berjalan sekitar 10 menit melalui underpass yang terkoneksi dengan beberapa mal yaitu Citylink, Raflfles City, Marina Square, SuntecCity dan Millenia Walk.

Selain teater dan gedung pertunjukkan di sini terdapat pertokoan serta area terbuka tempat diadakan pertunjukkan gratis.  Di bagian luar gedung ini kita bisa berfoto dengan latar belakan Marina Bay Sands dan gedung menjulang.

Di sini kita bisa menikmati pertunjukkan musik dan seni secara gratis.  Selain itu di sini juga terdapat perpustakaan yang lengkap.  Jam operasional mulai dari jam 12.0 – 20.30 waktu setempat.

4. Little India

Little India merupakan sebuah kawasan perkampungan warga India di Singapura yang masih mempertahankan identitas ke khas an nya.  Lokasi Little India ini tidak jauh dari Orchard Road di 48 Serangoon Rd. Singapore.  Mencapai tempai ini bila naik MRT gunakan jalur ungu atau biru turun di Little India Station (NE7/BT4) atau Farrer Park Station.

Di sini kita bisa menikmati pengalaman suaana khas, hiruk pikuk kegiatan sehari-hari, menikmati sejumlah pasar tradisional, penjual karangan bunga melati atau penjual kachang puteh.  Kita bun bisa menemukan banyak kios yang berjualan dupa, emas, dan kain.  Aroma rempah dan bunga yang menyengat akan tercium di mana-mana.

 

Destinasi Wisata di SIngapura

Masjid Al Gafoor di Little India Singapura Credit: wikipedia.id

Di Tempat Wisata Singapura kali ini kita sempat kesulitan mencari tempat sholat mencari di Google maps akhirnya kita menemukan sebuah masjid bernama Abdul Gafoor.  Mengendarai taksi online kita menuju ke masjid ini.  Ternyata masjid ini menjadi destinasi wisata di Singapura juga.  Banyak turis asing yang datang ke sini dan memotret ritual sholat kaum muslim.

Masjid Abdul Gafoor ini memiliki corak arsitektur yang khas. Nuansa arsitektur ini menyimbolkan kebudayaan negara kota Singapura yang multikultural.

Tempat Wisata di Singapura

Wajah-wajah jutek, kecapean setalah keliling Mustafa Center hunting oleh oleh 🙂

5.  Mustafa Center

Berlokasi di Little India, tapi kalau naik MRT stasiun tempat kita turun bukan di Litte India tapi lebih dekat turun di Farrel Park.  Mustafa Center ini merupakan sebuah tempat favorit orang Indonesia yang datang ke Singapura.  Tempat belanja serba ada yang buka 24 jam non stop.  Memiliki luas 4 kali lapangan sepak bola dikali empat lantai hmmm… Luas sekali ya..

Biasanya orang Indonesia belanja souvernir, coklat, koper, obat-obatan, peralatan olah raga, jam tangan.  Mustafa Center ini bisa jadi tempat yang recommended untuk belanja oleh-oleh dari Singapura.  Waktu kemarin saya belanja dompet, jaket anak, dan beberapa macam coklat untuk oleh-oleh.

6. Bugis Street

Sama halnya dengan Mustafa Center, Bugis Street selalu menjadi destinasi Tempat Wisata di Singapura yang utama bagi para pelancong yang berburu makanan dan buah tangan.  Di sini barang-barangnya lengkap dengan harga terjangkau.  Kalau menurut Mas Hadi murah di Mustafa Center, tapi kalau menurut saya malah lebih murah di Bugis Street.

Mungkin tergantung barangnya juga ya, yang jelas dompet yang saya beli di sini untuk oleh-oleh ternyata harganya lebih murah dibandingkan dengan harga di Mustafa Center.

Bugis Street ini terletak di antara Vicotria dan Queen Street, tempat ini terkenal sebagai tempat belanja murah di Singapura.  Sebetulnya kawasan ini terbagi dua. bersebrangan.  Yang satu dikenal dengan Bugis Street Singapura sementara disebrangnya dikenal dengan Bugis Junction.

Bugis Street Singapura tempat belanja seperti Pasar Baru di Jakarta, nah kalau Bugis Junction itu berbentuk mall.  Di Bugis Street ataupun Bugis Junction yang paling populer adalah fashion non branded dan produk branded kelas menengah seperti uniqlo, gshock, guest dan lain-lain.

Selain itu di sini juga dijual berbagai macam oleh-oleh khas Singapura seperti coklat, pernak-pernik asesoris, cemilan seperti roti srikaya, aneka jus, hot dog, dan berbagai souvernir khas Singapura.  Oya teman – teman kalau mencari souvernir bisa juga di China Town dan Pagoda Street, tempat ini dikenal sebagai pusat souvernir di Singapura.

Bugis Street terdapat di 3 New Bugis St, Singapura 188867 stasiun MRT terdekat dengan tempat ini adalah Stasiun Bugis (Jalur hijau dan jalur biru)

Tempat Wisata di Singapura

Berfoto di Universal Studio

Sebetulnya masih ada satu tempat wisata di Singapura yang kami Empat Emaks Petualang kunjungi yaitu Sentosa Island.  Tapi di tempat ini kita bisa mengunjungi banyak tempat wisata seperti Universal Studio yang sangat terkenal itu.  Mungkin nanti ditulisan berikutnya ya saya tulis lengkap tentang tempat ini.

Oke deh…next saya lanjutkan lagi ya tulisan Tempat Wisata di Singapura ini… semoga ada manfaatnya .. 🙂

11 Comments

  1. Farida Pane November 5, 2019
  2. nurulrahma November 5, 2019
  3. Sari November 5, 2019
  4. Hastira November 7, 2019
  5. Gita sarrah November 8, 2019
  6. Ekalagi November 8, 2019
  7. Triani Retno November 8, 2019
  8. Dian November 9, 2019
  9. Rahayu November 10, 2019
  10. Rika Widiastuti Altair November 11, 2019
  11. Blogger Medan - Ririn Wandes November 12, 2019

Leave a Reply