Tempat Wisata di Lampung yang Membuat Lupa Pulang

idajourney.com   Tempat Wisata di Lampung   Lampung, sebuah provinsi di paling selatan di Pulau Sumatera ternyata memiliki keindahan alam yang sangat memikat.  Hampir semua atraksi alam dimiliki oleh Lampung.  Mulai dari kawasan perbukitan, pantai hingga air terjun ada di wilayah ini.

Yang lebih menarik lagi, ada salah satu tempat wisata yang tidak hanya akan membuat kita mendapatkan spot foto keren.  Kita pun bisa berenang di kolam alami sambil memandang kecantikan lautan.  Tidak percaya? Simak saja ulasan 5 Tempat Wisata di  Lampung  berikut ini.    Teman-teman tentu akan terpesona dengan kecantikan alam di Lampung yang memang sangat menarik ini.  Yuk kita rencanakan traveling ke tempat wisata di Lampung yang cantik ini.

Tempat Wisata di Lampung

1. Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Ketika mendengar kata taman, kemungkinan besar kita akan memikirkan tentang hamparan bunga atau tanaman lain. Tapi berbeda dengan wisata satu ini.  Hamparan batu dengan ukuran yang bervariasi akan kita temukan di taman yang ada di wilayah Tanjung Bintang ini.

Ada pula batu raksasa tersaji di Taman Batu Granit Tanjung Bintang. Bahkan inilah daya tariknya dan tentu saja kita akan menemukan spot foto yang teramat cantik di sini.   Dari atas ketinggian, kita  bisa melihat pemandangan yang cantik.  Panorama hutan dan perkebunan karet juga bisa kita saksikan dari Taman Batu Granit Tanjung Bintang ini.

Tempat Wisata di Lampung

Taman Batu Granit Tanjung Bintang sumber: lampung tribunnews

Untuk dapat sampai ke lokasi wisata yang masih belum banyak diketahui orang ini, kita bisa berangkat dari Kota Bandar Lampung.  Dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 1,5 jam kita akan menempuh jarak sekitar 30 kilometer.  Rute yang bisa kita tempuh adalah Jalan P.Antasari-Jalan Tirtayasa-Jalan Sutami-Pasar Pal Putih Tanjung Bintang. Dari sini, tinggal belok ke kanan menuju Desa Purwodadi

Berkunjung ke Taman Batu Granit Tanjung Bintang, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi saja. Sebab kawasan wisata  ini masuk dalam area perkebunan karet yang jarang dilalui kendaraan.  Maukk ke area ini kita tidak dipungut biaya alias gratis, 24 jam terbuka untuk siapa pun yang ingin datang ke sini.

Alamat: Perkebunan Karet PTPN VII Afdeling Bergen, Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan

2.  Pantai Gigi Hiu

Nuansa berbeda akan kita rasakan saat berada di tempat wisata di Lampung yang satu ini. Pantai Gigi Hiu, bukan hamparan pasir putih atau gelombang air yang tenang dan berwarna kebiruan yang akan kamu temukan di sini.  Saat berada di wisata ini, kita akan menemukan gugusan batu karang yang cukup runcing dan rapi dan tertata di area pantai. Hal ini yang membuatnya dinamakan sebagai “Gigi Hiu”.

Di area ini lah kita akan mendapatkan spot foto keren  saat berada di Pantai Gigi Hiu. Ditambah lagi dengan warna-warni langit yang ikut menjadi latar, membuat wisata pantai ini semakin enak dipandang.  Untuk  sampai ke Pantai Gigi Hiu, perjalanan bisa dimulai dari Kota Bandar Lampung menuju ke Padang Cermin. Dari sini, arahkan kendaraan kita ke Bawang hingga Kampung Kelumbayan.

Kampung Kelumbayan sendiri adalah desa terdekat dari Pantai Gigi Hiu. Ini artinya kita bisa segera sampai di lokasi wisata saat sudah sampai di area perkampungan tersebut.  Saat melalui rute ini, medan yang akan kita lalui memang berat.  Namun melalui jalur ini kita telah menghemat jarak dan waktu .

Tempat Wisata di Lampung

Pantai Gigi Hiu Sumber: lampung.co

Dari Kampung Kelumbayan, sebaiknya gunakan juga jasa ojeg dengan tarif mulai dari 150 ribu rupiah (pulang-pergi). Pengemudi alat transportasi ini pun bisa kita jadikan sebagai petunjuk jalan.  Hal ini karena letak Pantai Gigi Hiu letaknya cukup tersembunyi di balik hutan kecil berupa semak belukar dan jauh dari perkampungan.

Akses untuk melintasi hutan pun berujung di satu titik buntu selanjutnya kita harus melanjutkan perjuangan dengan jalan kaki sejauh 250-300 meter.  Sebaiknya pastikan pengemudi ojeg untuk menunggu di titik penjemputan kalau memang kita tidak ingin menginap di sini.

3. Curup Gangsa

Curup Gangsa bisa dikatakan sebagai surga tersembunyi di Bandar Lampung. Tapi untuk bisa menyaksikan kecantikannya, kita membutuhkan perjalanan panjang, sulit dan menantang.  Untuk bisa sampai ke wisata air terjun ini, dibutuhkan waktu sekitar 4-5 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung menuju ke Baradatu.

Dari sini, perjalanan kembali dilanjutkan menuju ke Kota Way di Kecamatan Kasui. Sekitar 1,5 jam perjalanan, wisata Curup Gangsa dengan segala kecantikannya pun akan segera menyambut kedatangan kita.  Namun sebelum sampai di titik wisata, kita  akan melewati jalan yang kurang mulus.  Kita akan menemukan banyak  lubang yang cukup jadi  penghambat perjalanan kita.

Meski begitu, semua rasa lelah selama perjalanan akan terganti dengan kekaguman pada Curup Gangsa. Aliran air setinggi 70 meter dan lebar 20 meter akan tersaji di hadapan kita.  Bahkan sejumlah air terjun kecil di sekitarnya juga menambah kadar eksotisme wisata satu ini. Selain itu, tebing dan bebatuan besar di sepanjang sungai juga menambah kecantikan Curup Gangsa.

Alamat: Dusun Tanjung Raya, Kampung Kota Way Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB

Tiket masuk: Gratis,  parkir kendaraan  Rp  5.000,00

4.  Teluk Kiluan

Tempat wisata keempat dari tulisan  Tempat Wisata di Lampung yang Membuat Lupa Pulang ini adalah Teluk Kiluan, merupakan salah satu tempat wisata di  Lampung yang juga sayang untuk kita lewatkan.  Panorama alam yang disuguhkan luar biasa. Pemandangan pantai dengan gradasi biru kehijauan akan bisa kita lihat di sini.  Airnya super jernih, dangkal dengan ikan hias dan terumbu karang yang jelas terlihat. Hamparan pasir putih yang halus juga ada di Teluk Kiluan.

Tidak  hanya menikmati pemandangan cantik pantainya saja saat berada di Teluk Kiluan. Sebab masih ada sejumlah kegiatan menarik yang bisa kita lakukan di sini, seperti melihat lumba-lumba atau berenang di laguna.  Kalau ingin melihat lumba-lumba secara langsung, kita bisa menyewa perahu kecil di pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB. Waktu terbaik untuk melihat hewan cerdas ini pun di saat musim kemarau (antara bulan April-September).

Sebaiknya jangan datang saat musim hujan karena akses menuju ke wisata ini semakin sulit. Bahkan lumba-lumba pun akan jarang muncul.  Selain melihat lumba-lumba, kita juga bisa berenang atau hanya berendam di Laguna Gayau. Tapi untuk bisa sampai ke kolam alami ini, kita perlu sedikit berjuang.  Pasalnya akses menuju ke laguna cukup terjal dan menanjak.  Kita pun perlu menempuh perjalanan kurang lebih selama 40 menit dengan berjalan kaki.

Untuk menuju ke area Teluk Kiluan sendiri waktu tempuhnya sekira 3-4 jam dari Kota Bandar Lampung. Rutenya adalah Jalan Morotai-Jalan Laksamana RE Martadinata-Jalan Raya Way Ratay.  Dari Jalan Raya Way Ratay, ikuti rute menuju Jalan Pematang Awi-Jalan Dirt Road-Teluk Kiluan. Untuk bisa sampai ke Teluk Kiluan, kita juga sebaiknya menggunakan kendaraan off road, karena aksesnya masih cukup buruk. Meski begitu, semua itu akan terbayar saat kita sudah sampai di Teluk Kiluan.

Alamat: Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus, Lampung

Jam operasional: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Gratis,  (Ada biaya sewa perahu sebesar 250 ribu rupiah; enam puluh ribu rupiah untuk menyeberang ke teluk dan empat puluh ribu untuk sewa jaket penyelamat )

 

Tempat Wisata di Lampung

Pantai Dewi Mandapa Sumber: lampung.co

5. Pantai Dewi Mandapa

Teman-teman ingin menghabiskan waktu untuk menikmati panorama alam sekaligus hunting foto? Pantai Dewi Mandapa salah satu Tempat Wisata di Lampung  yang berada di wilayah Padang Cermin adalah salah satu jawabannya.  Sebab saat kita datang ke sini, kecantikan alam sekaligus spot foto keren bisa kita dapatkan.  Cocok sekali untuk para pecinta selfie.

Ada beberapa lokasi favorit untuk hunting foto. Salah satunya adalah jembatan penyeberangan dari kayu yang di sisinya terdapat pemandangan hutan mangrove.  Bahkan di sini juga ada spot foto romantis seperti Dermaga asmara dengan latar panorama hutan mangrove. Dijamin akan membuat hasil foto kita bersama pasangan terlihat lebih keren.

Berkunjung ke sini kita  bisa melalui kantor pemerintah Kota Bandar Lampung untuk bisa sampai ke Pantai Dewi Mandapa.  Dari kantor pemerintah, kita bisa menuju ke arah Padang Cermin. Sesampainya di wilayah ini, jalan yang belum diaspal sepanjang 0,5 kilometer akan kita lalui sebelum sampai di area pantai.  Di sinilah perjuangan ekstra akan kita lalui. Sebaiknya pastikan juga kendaraan yang kita gunakan dalam kondisi prima supaya perjalanan tetap lancar.

Alamat: Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 08.00-22.00 WIB

Tiket masuk: Sepuluh ribu rupiah (week day)   lima belas ribu rupiah (week end)

Itulah tulisan Tempat Wisata di Lampung yang Membuat Lupa Pulang, semoga tulisan ini bermanfaat ya teman-teman.. 🙂

6 Comments

  1. Tian lustiana November 28, 2018
  2. Via November 28, 2018
  3. Putu Ayu Winayasari November 28, 2018
  4. Nia K. Haryanto November 29, 2018
  5. Nchie Hanie November 29, 2018

Leave a Reply