Ini yang Harus Dipersiapkan Saat Liburan ke Tiongkok

Posted on

idajourneys.com   Liburan ke Tiongkok    Tiongkok adalah destinasi liburan favorit bagi banyak orang di Indonesia. Namun masih banyak juga yang enggan ke Tiongkok, entah karena tiketnya yang mahal atau karena tidak mengenal dengan baik negeri tirai bambu tersebut.

Padahal ada banyak informasi dari internet yang menunjukkan bahwa Tiongkok memiliki daya tarik wisata yang begitu luar biasa.

wisata ke tiongkok china
wisata ke tiongkok china

Untuk urusan tiket, serahkan saja pada Air Asia. Teman-teman  tidak akan menyesal jika menggunakan maskapai Air Asia, karena maskapai tersebut akan mengakomodasi liburan kita dengan harga yang super terjangkau.

Selain info tentang tempat wisata yang ada di sana. Ada baiknya kita mempersiapkan hal berikut ini saat akan berangkat liburan ke Tiongkok.

Liburan ke Tiongkok:  Pahami Jika Akses Internet Di Sana Terbatas

 

Liburan ke Tiongkok
Sumber: laptopmag.com

 

Tiongkok memang memiliki peraturan yang ketat tentang akses internet di sana.  Mereka memiliki sensor negara yang diberi nama The Great Firewall.  Jangan membayangkan teman-teman  bisa santai melakukan pencarian Google di negara ini, karena hal tersebut adalah terlarang.

Layanan yang tidak bisa diakses di sana antara lain adalah Whatsapp, Facebook, segala layanan Google, Instagram, Twitter, dan juga Snapchat. Sebagai gantinya teman-teman masih bisa menggunakan aplikasi Wechat di sana.  Nah kita harus memastikan mengetahui tentang hal  ini saat liburan ke Tiongkok

Bawalah Pakaian Yang Cocok Untuk Segala Cuaca

Selain karena tiket promo Air Asia tidak memberi gratisan bagasi, membawa pakaian yang cocok untuk segala cuaca juga akan membantu mengurangi beban bagasi. Paling tidak bawalah jaket, kaos berbahan nyaman, dan celana panjang. Karena perbedaan cuaca di sana sangat kentara, jika di kota suhu akan terasa sangat panas sekali. Tapi jika kemudian kita melanjutkan perjalanan ke Tembok Besar Tiongkok, suhu dan angin di sana lumayan dingin.

Belajar Kata-kata dasar Bahasa Mandarin

Liburan ke Tiongkok
Sumber: slideshare.net

Agar tidak terlalu banyak mengalami kendala, usahakan saat akan liburan ke Tiongkok kita  belajar kata-kata dasar Bahasa Mandarin terlebih dahulu. Hal ini akan sangat penting sekali ketika  harus bertanya pada warga lokal yang tidak mengerti bahasa Inggris.

Kita bisa mulai belajar dengan menghafalkan kalimat terima kasih, kalimat permintaan tolong, atau kalimat tanya arah. Belajarlah juga tentang pelafalan jumlah uang di sana agar tidak mudah tertipu saat belanja.

Cari info tentang makanan halal di sana

Yang ini adalah tips khusus untuk warga negara Indonesia yang muslim dan ingin berlibur ke sana. Seperti kita ketahui bersama, masakan Tiongkok (cina/chinese food) adalah makanan yang juga populer di Indonesia. Kebanyakan orang Indonesia tidak merasa ada masalah tentang makanan saat berlibur ke sana.

Namun untuk kaum muslim, kita harus berhati-hati ya, karena hampir semua depot makanan di Tiongkok di sana mengandung babi. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang restoran yang menyajikan makanan halal.

Itulah tadi beberapa hal yang harus kita persiapkan sebelum liburan ke Tiongkok. Yuk segera berburu tiket promo Air Asia dan terbang ke Tiongkok dengan murah meriah.

Gravatar Image
Assalamualaikum, perkenalkan saya Ida Tahmidah, mommy traveller, blogger enthusiast, having fun with 5 children, Insya Allah suatu saat menjadi penulis hebat. Kunjungi juga web https://idatahmidah.com meet me at social Media, and say salam

19 thoughts on “Ini yang Harus Dipersiapkan Saat Liburan ke Tiongkok

  1. Wah…ternyata ada ya negara atau daerah ygwmbatasi dunia internet dan sosial media.
    Padahal google itu kaya gimana..gitu di Indonesia..apa2 tanya google.

    Kalau wisata google Map jadi andalan kan.?

    Nah emang ini harus dipahami. Jadi kalau belum tau mending bawa guide
    …jangan jalan sendiri..bawa rombongan gitu lah…, Kalo kesasar gimana coba..

  2. Setiap hendak pergi ke suatu daerah atau negara memang perlu banget ya mbak kita belajar kosa kata daerah tersebut. Biar ga terlalu terlihat orang asing banget klo buat ku. Apalagi klo pas belanja oleh2, bisa agak miring harganya klo bisa bahasa daerah tersebut

  3. Tiongkok adalah salah satu negara yang pengen saya kunjungi. Apalagi ke daerah Uygur yang mayoritasnya muslim dan Tembok Cina, wah, pengen banget! Semoga suatu hari nanti saya ada kesempatan deh buat ke sana xD

  4. Wah cina menjadi salah satu destinasi yang jngin saya datangi. Penasaran aja sih bagaimana mereka menjalankan roda ekonomi.. dan welnote banget ya teh kalau ke sana nyari yg halal dan emang masakan cina itu rata2 pake b2.

  5. Baru tahu Tiongkok ada aturan The Great Firewall, ketat dan gak bebas banget ya. Alhamdulillah terlahir di Indonesia. Tp tipsnya oke punya Mba, jadi makin banyak tahu kalo suatu saat liburan ke sana. Makasuh buat sharingnya.

  6. Oh baru tahu nih ternyata disana gak bisa bebas berinternet dan ada aturan nya sendiri ya, yang pasti kalau kesana harus tau tempat makanan halal dulu nih 🙂

  7. Makanan wajib tahu ya mbak. Tapi kalau ikutan tour sekarang untungnya mulai banyak tour halal gtu, jd agak mendingan, beda dengan dulu.
    Aku penasaran sama muslim di Cina, mereka beda banget kyk kita kyknya,cara berpakaiannya dll. tapi sama2 muslim. Pernah baca tulisan tean ttg muslim di Cina.

  8. Tempo hari berniat ke hainan. Tapi balik kanan karena kehamilannya dilarang terbang. Sekarang baca tulisan ini langsung pengen kesana lagi. Kapan ya ada rejeki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *