Labuan Bajo, Destinasi Impian yang Akan Menjadi Nyata

Blessed are the curious for they shall have adventures.
Lovelle Drachman

Berbahagialah yang memiliki rasa penasaran karena mereka akan mendapatkan petualangan…  Hmmm mantap nih… Pernah dengar kutipan itu?  Ternyata memang iyaaa ya.., saat kita memiliki rasa penasaran maka kita akan mencari tahu untuk memuaskannya. Tentu saja seharusnya ini hanya berlaku untuk hal-hal yang positif saja. 🙂

Pulau Komodo Sumber: Wikipedia

Pulau Komodo, Destinasi Impian Masa Kecil

Dan… saya sudah lama memiliki rasa penasaran yang tinggi pada sebuah destinasi di Indonesia bagian tengah sana.  Apa itu..?  Jawabannya adalah Pulau Komodo.  Bukan, bukan saat setelah saya remaja atau bahkan dewasa muncul rasa penasaran dengan Pulau Komodo.  Tapi itu sejak jaman dahulu kala, jaman saya masih duduk di bangku sekolah dasar.  Deuh kesannya jadul banget yak ..xixixi…

Labuan Bajo

Komodo yang (lucu) 🙂 Foto kiriman dari Andri

Pernah dengar lagunya Chicha Kuswoyo yang liriknya Komodo darimana ? Dari Nusa Tenggara...? Wah ketahuan memang produk jadul nih xixixi.. Tapi betul lho, waktu kecil dulu, saya melihat Chicha menyanyi tentang Taman Mini, tapi yang sering terbayang adalah latar belakang lirik lagu bait pertamanya Komodo dari mana? Dari Nusa Tenggara, dan tampaklah komodo-komodo lucu itu.  Sampai akhirnya saya pun tahu kalau Pulau Komodo ada di Labuan Bajo.

Sebuah Impian yang Muncul Kembali

Sejak itu saya sering memimpikan bisa main ke Pulau Komodo.  Kemudian impian itu lenyap begitu saja, ditelan rutinitas dan kesibukan seorang gadis remaja yang sibuk dengan sekolahnya.  Kemudian sang gadis manis itu (ehm..hihi..) menjadi seorang ibu dengan lima orang putra-putrinya.  Dan sang waktu pun  terus berlalu menyusuri hari demi hari, bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun. Eh  ini mau nulis apaan sih kesannya lebay banget yak hahaha…

Sebetulnya saya mau nulis kalau impian lama itu  tersimpan di alam bawah sadar dan ketika ada yang  memicunya untuk ingat kembali akhirnya muncul di permukaan.  Dan impian itu ternyata akhirnya muncul kembali… Komodo darimana ? Dari Nusa Tenggara lantunan lagu jadul itu pun terngiang kembali.

Aku dan Andri  Plus Tiga emaks petualang 🙂

Hadirmu Memberi Kesempatan..

“Pulau Komodo… Labuan Bajo… I am coming..”.Hihi.. Alhamdulillah wa syukurilah.  Insya Allah impian itu segera terwujud.  Adalah Andri sahabat sejati yang muncul kembali dengan tiba-tiba dalam kehidupanku.  Dia lah yang mewujudkan impian – impian itu untuk menjadi sebuah kenyataan. Allah telah menghadirkannya untukku, dan menjawab satu demi satu rasa penasaranku,

Tujuh hari kami akan berpetualang di Bali dan Labuan Bajo.  Mengulang kisah tiga emaks petualang ke Kuala Lumpur dan Thailand.  Insya Allah, semoga Allah mudahkan..Inginnya sih bareng suami tercinta apa daya beliau mah sibuk pisan…Tapi terima kasih sudah memberikan exit permit dan menjadi sebuah hadiah yang tak akan kulupakan seumur hidupku. Aku padamu deh ..hihi..

Dear Sahabatku, aku tak tahu bagaimana mengucapkan terima kasih padamu, tapi yang kutahu ..aku sangat bersyukur menjadi sahabatmu. …Uhuuuy… lebay engga Ndri…? xixixi

Semoga saja, saya bisa mensyukurinya dengan menjadikan petualangan kami nanti menjadi sebuah petualangan penuh keberkahan.  Membaca ayat-ayat kauniah Nya yang luar biasa indah, untuk ditadaburi, untuk dihayati menjadi sebuah evaluasi diri betapa kecilnya kita dibanding ciptaanNya yang luar biasa luas dan indah.

Indah?  Yup ternyata Labuan Bajo bukan sekedar Pulau Komodo impianku saja, saya jadi tahu banyak hal tentang Labuan Bajo dari Andri, dari cerita, dari searching-searching yang penuh exciting karena tidak sabar ingin segera ke sana… Padahal masih lumayan lama bhuahahaha...

Tips Tiket Pesawat Murah

Tapi ini jadi tips penting  lho, rencanakan segalanya jauh sebelumnya, dan segalanya jadi lebih murah, dan hikmahnya sahabatku pun bisa membuatnya menjadi dua.  Tiket pesawat bisa untuk dua orang, paket tur untuk dua orang.   lalu nginep dimana?  Nebeng di vilanya sahabatnya sahabatku..hahaha…azas manfaat ini mah… Sebuah hikmah persahabatan yang luar biasa.

Sekedar tips buat teman-teman nih, sekarang untuk memesan tiket pesawat berbagai maskapai termasuk Tiket Pesawat Garuda Indonesia, bisa lebih mudah dan murah lho.  Kok bisa?  Iya, teman-teman bisa pesan melalui Skyscanner, karena di sini juga biayanya begitu transparan, tidak ada biaya yang disembunyikan.

Tiket Pesawat

Pesawat Garuda

Melalui skyscanner  kita bisa menemukan harga tiket pesawat garuda sebagai maskapai penerbangan kebanggaan bangsa Indonesia,  tiket pesawat lainnya,  juga sewa mobil dalam satu tempat.  Di Skyscanner kita bisa menemukan harga termurah dari ratusan situs lokal dan internasional terpercaya.  Nah kita bisa memesan langsung di situs pilihan kita.  Apalagi kalau memesan jauh – jauh hari…. wah bisa hemat banyak tuh 🙂

Kami juga di sana nanti kalau tidak jadi menginap di rumah sahabat, rencananya kami akan memesan hotel lewat skyscanner saja.  Sebagai petualang backpackeran saya perlu informasi hotel-hotel termurah namun nyaman, dan itu ternyata bisa saya dapatkan di Skyscanner juga.  Asyik kan bisa mencari hotel berdasarkan harga, jadinya sangat memudahkan perjalanan traveling kita.

Untuk lebih jelas simak deh video berikut ini.. 🙂

Keunikan Labuan Bajo

Di Labuan Bajo selain Pulau Komodo banyak destinasi lain yang tak kalah menarik lho.  Tentu saja tujuan utama ya Pulau Komodo dong, destinasi ini tahun 2016 yang lalu pernah menjadi nominasi 7 keajaiban dunia. Walau akhirnya gagal tapi tidak mengurangi ke eksotikannya.

Labuan Bajo sebenarnya berasal dari kata Labuan dan Suku Bajo, yaitu suku yang berasal dari Sulewesi kemudian bermukim di pesisir barat Flores Nusa Tenggara Timur.  Awalnya tempat ini merupakan pemukiman Suku Bajo, namun kini mereka hidup berdampingan dengan warga asli Flores.  Kini Labuan Bajo merupakan ibu kota Manggarai Barat dan menjadi tempat persinggahan para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Komodo.

Labuan Bajo

Foto kiriman dari Andri (by Agnes adik Andri )

Hal yang unik di Labuan Bajo adalah pemandangan yang berbeda bila kita mengunjunginya pada musim yang berbeda.  Jadi kalau kita datang ke Labuan Bajo di musim kemarau kita akan melihat daratan Labuan Bajo yang kecoklatan karena pohon yang meranggas hingga yang tersisa hanyalah batang dan ranting kering.

Nah kalau kita tiba di musim hujan maka yang terlihat adalah pemandangan hijau yang sangat segar memanjakan mata. Luar biasa ya, sayangnya rata-rata pengunjung yang datang ke sini adalah turis mancanegara.  Tarif yang ditetapkan untuk menikmati Labuan Bajo masih relatif mahal, ini disebabkan karena akses masuk masih sulit untuk memasuki berbagai tempat indah yang menjadi tujuan utama pulau ini.

Labuan Bajo

Foto Kiriman Andri

Destinasi Wisata di Labuan Bajo

Labuan Bajo menjadi surga wisata bagi pecinta treking, diving dan snorkeling.  Banyak tempat menantang di sana yang bisa kita nikmati.  Pink Beach yang unik,   Pulau Kalong dengan sensasi luar biasanya yang memberikan suasasana berbeda dari tempat wisata lainnya, keindahan sempurna mulai dari gunung sampai laut di Pulau Kelor, lanscape di Pulat Kelor ini sangat cocok buat pecinta selfie. Taka Makasar pulau pasir dengan  air lautnya yang jernih, berwarna hijau toska yang menggoda.

Ada juga Pulau Namong dengan pantai yang memiliki pasir halus dengan tekstur yang padat plus air biru dipadu pantai berwana pink.  Oow ternyata Labuan Bajo mempunyai dua pantai berwarna pink.  Luar biasa indahnya bumi pertiwi kita ini ya, selain dua di Labuan Bajo, di Lombok pun ada pantai berwarna pink namanya Pantai Tangsi.  Aduh pink..warna favorit akuh 🙂

Itu adalah beberapa tempat yang insya Allah akan kami kunjungi nanti, alhamdulillah semoga dimudahkan.  Tidak sabar rasanya menjemput pengalaman berpetualang di destinasi impian sejak masih kecil.  Di Labuan Bajo sebetulnya masih banyak tempat lainnya seperti Goa Batu Cermin yang unik, Pulau Padar, Air Terjun Cunca Wulang, Wisata Budaya Kampung Melo, Gili Laba dengan hamparan laut yang spektakuler dengan degradasi warna birunya, Pulau Koaba, Pulau Kanawa, Pulau Rinca, Pulau Bidadari dan masih sangat banyak lagi tempat wisata di Labuan Bajo yang indah.

Menulis semua ini kok jadi  membuat saya  ingin segera mengunjungi Labuan Bajo ya..hihi.. Padahal waktunya masih agak lama, setelah lebaran nanti .. hehe… Paling sekarang mempersiapkan banyak hal saja dulu, seperti do’a agar dilancarkan dan dimudahkan, juga diberi kesehatan.  Olah raga juga, karena di Labuan Bajo ada beberapa acara treking juga, serta persiapan diving, berenang serta snorkeling.  Yang penting sehat, dan ngumpulin uang biar bisa memberikan oleh-oleh untuk keluarga tercinta 🙂

Labuan Bajo

Wae Rebo, dengan rumah penduduknya yang unik mudah2 an sempat ke sini juga

Bukan Sekedar Traveling

Bagiku seorang ibu rumah tangga yang ketika anak-anak masih kecil banyak di rumah, traveling bukan sebuah perjalanan biasa yang tak memiliki arti.  Sayang, kalau hanya untuk bersenang-senang. Traveling bagi saya sangat memperkaya batin, membuat rasa syukur yang lebih kuat di dalam diri.  Melihat keindahan alam yang luar biasa, sungguh merasa  diri lebih dekat pada yang Maha Pencipta yang Maha Besar dengan segala ciptaan Nya yang luar biasa.

Itu yang selalu saya tekankan dalam diri,  mentadaburi alam, membaca ayat-ayat kauniyah Nya,  hingga kita selalu teringat akan ke Maha an Nya.  Semoga selalu begitu ya.. Selain tentu saja sebagai sarana refreshing, mencharge semangat dan menikmati me time yang menyenangkan.. hihi… Menikmati hidup dan kehidupan agar lebih bersemangat menghadapi apa yang ada dihadapan kita itu juga merupakan sebuah harapan 🙂  Semoga tulisan ini bermanfaat ya teman-teman 🙂

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner. #JelajahNusantaraSkyscanner

 

Incoming search terms:

48 Comments

  1. Hastira April 5, 2018
    • Ida Tahmidah April 6, 2018
      • adi pradana April 11, 2018
  2. Damar Aisyah April 6, 2018
    • Ida Tahmidah April 6, 2018
  3. Backpacker Ketjeh April 6, 2018
  4. Tian lustiana April 7, 2018
  5. Khoirur Rohmah April 7, 2018
    • Ida Tahmidah April 7, 2018
  6. JEI April 7, 2018
  7. Nurul Fitri Fatkhani April 8, 2018
  8. Siti Nurjanah April 8, 2018
  9. Endah Kurnia Wirawati April 8, 2018
  10. Rach Alida Bahaweres April 10, 2018
  11. Vharanie April 10, 2018
  12. Liyoskin April 10, 2018
  13. rizki rakhmat April 10, 2018
  14. Abby Onety April 10, 2018
  15. Rizka Pratiwi April 10, 2018
  16. Tante julit April 10, 2018
  17. angi permana April 11, 2018
  18. ipang sudarsa April 11, 2018
  19. john sample April 11, 2018
  20. Iwan M Ridwan April 11, 2018
  21. Rubaiyat April 11, 2018
  22. Anindita Ayu April 11, 2018
  23. Misu Pinku April 11, 2018
  24. gita siwi April 11, 2018
  25. Okti Li April 11, 2018
  26. Septia April 11, 2018
  27. Azizah A April 11, 2018
  28. Fenni Bungsu April 11, 2018
  29. Valka April 11, 2018
  30. Mardiah April 11, 2018
  31. Tukang jalan jajan April 12, 2018
  32. Anis Khoir April 13, 2018
  33. Nur Said Rahmatullah April 14, 2018
  34. windhu April 14, 2018
  35. Jalan-Jalan KeNai April 20, 2018

Leave a Reply