Keseruan Berfoto di Dasar Air Umbul Ponggok

idajourneys.com    Umbul Ponggok, sebuah tempat wisata di Klaten Jawa Tengah menjadi magnet tersendiri untuk para wisatawan  terutama domestik.  Tentu saja salah satunya adalah kami, tiga emaks petualang,  Dengan mengendarai  dua motor yang kami sewa Rp 150.000,-  per 24 jam per motornya kami pun menuju Umbul Ponggok.  Bermodal GPS, kami  start  dari Hotel Paragon Solo, kami menyusuri Kota Solo menuju Umbul Ponggok.  Jauh juga jaraknya dengan mengendarai  motor membutuhkan waktu  sekitar 90 menit an. Umbul Ponggok lokasi persisnya di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo Klaten Jawa Tengah.

Umbul Ponggok

Solo Paragon

Umbul Ponggok

Di tengah perjalanan menuju Umbul Ponggok  kami merasa lapar karena memang belum sempat sarapan.  Belum ada hilal keberadaan Desa Ponggok akhirnya kami memutuskan sarapan dulu.  Sembari melaju mata kami tak henti mencari tempat makan yang cocok.  Akhirnya kami menemukan sebuah rumah makan di pinggir jalan yang dirasa cocok.

Nama rumah makannya Rumah Makan Garang Asem Hj Subandono.  Rumah makannya sederhana saja tetapi rasanya tidak sederhana.  Enaaak Gan, enak pisan asam-asam seger.  Sohibku dua-duanya sedang ber keto lifestyle,  makannya gak pakai  karbo jadinya  tanpa nasi, kalau aku mah hajar  aja deh hahaha….. Ini perut baik banget segala dimakan tapi engga pernah gemuk dan alhamdulillah mudah-mudahan  sih sehat terus ya…Aamiin Allohumma Aamiin…

Umbul Ponggok

Garang Asem yang Lezat

Setelah beristirahat dengan tenang kami melanjutkan perjalanan, alhamdulillah bisa belok ke jalan yang benar hingga hanya sekali kelewat tapi cepat sadar akhirnya balik lagi.   Menyusuri daerah pesawahan yang hijau membentang, sebuah tanda kami sudah berada di pedesaan daerah Umbul Ponggok berada.  Suasananya begitu ndeso banget, semilir angin yang sejuk, udara yang segar jauh dari hingar bingar, kendaraan pun tidak terlalu banyak yang berlalu lalang.

Keseruan Berfoto di Dasar Air Umbul Ponggok

Akhirnya tibalah kami di Umbul Ponggok, sempat under estimate pas awal melihat, seperti sebuah kolam renang biasa saja, Sempet berpikir woi jauh-jauh ke sini cuman segini doang….hahaha.  Eh tapi ternyata kita ga bisa nilai dari sepintas saja, selanjutnya mungkin aku bakalan kangen ke tempat ini nih..hehe…Begitulah, harus kenal lebih dalam jadi tau dalam-dalam nya kayak apa. apalagi hanya katanya – katanya ..hihi..  Kayak aku dan Andri tuh sudah tahu banget kekurangan kelebihan masing-masing lah.

Kata Rasulullah SAW,  kita baru bisa mengenal karakter orang ketika sudah melakukan muammalah (transakksi ekonomi) atau sudah melakukan perjalanan bersama minimal tiga hari.  Kayak aku sama Millah jadi tau karakter kami masing-masing dan sepertinya kami cocok satu sama lain.  Kami yang baru kenal saat traveling ke KL dan Thailand bukan ga pernah ribut sih hahaha…tapi kami tipe pengalah dan suka kedamaian.. *lanjut nyanyi lagu perdamaian…hahaha… skip ah ngelanturnya.

Alhamdulillah akhirnya kami menemukan keseruan di Umbul Ponggok ini.  Diawali ketika parkir motor ada Aa Aa berkulit eksotis menghampiri kami lalu menawarkan untuk paket foto under water.  Di luar tiket kami harus membayar Rp 80.000.-  untuk pemotretan dan diajari cara-cara berfotonya sampai bisa.  Kalau mau memakai properti ditambah lagi biayanya berkisar dari Rp 20.000,-  sampai dengan Rp 100.000.-  (paket gaya  nonton TV di dalam air).  Kita memilih properti di taman aja bayar 20 ribu ditambah sepeda 50 rb, tapi Andri doang yang sepeda  karena dia mah Andri si manusia ikan.. kuat lama di dalam air.. hehe..  O ya tiket masuk ke Umbul Ponggok di luar weekend Rp 15.000,-  per orangnya.

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Setelah deal dan ternyata harga tidak bisa ditawar, kami diminta untuk bersiap di warung no 12, di dalam tempat wisata Umbul Ponggok ada deretan warung bernomor yang berjualan aneka macam.  Ada yang jual makanan. souvernir, perlengkapan menyelam dan sebagainya.   Di warung itu ada loker penitipan barang  per loker yang bisa diisi oleh barang kami bertiga kami harus membayar Rp 7.000,00 dan untuk ganti baju harus membayar Rp 2.000,- .

Sebetulnya supaya terlihat cool alias natural kita ga usah ganti baju, jadi keliatan alami gitu nonton di dasar air dengan baju biasa.  Tapi berhubung kami bawanya baju renang ya sudah kami ganti kostum pake baju renang aja, biar pulang kita bisa pakai baju kering atau biar kita pulang ga pake baju renang ..hahaha…kebayang pulang memakai baju basah atau malah baju renang. Woooi situ sehat? Mungkin seperti itu ya pandangan orang nanti hihi…

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Tibalah acara pemotretan itu, awalnya kesal juga nungguin Andri yang terasa lama, difoto  berulang kali.   Yap Andri dimita duluan oleh kami karena dia lah si manusia ikan itu hehe…Ternyata Andri saja lama apalagi kami….  Di balik ke asyikan difoto di dalam air yang terlihat keren di iklan-iklan atau  di blog orang lain.  Ternyata ada perjuangan berat untuk mendapatkannya.  Kita harus bisa menahan nafas di dalam air,  katanya sih 5 detik tetapi berasa setahun deh hahaha…  Belum lagi harus tersenyum manis, bayangkan menyelam di dalam air kemudian duduk manis di atas kursi yang sudah kami sewa tadi.  Deuh susaaah saudara-saudara….tarikan ke atas terus menerus menarik kami untuk melayang.  Aku aja diberi pemberat double masih susah menapak di air

Menahan nafas di dalam air,  terus tersenyum manis menghadap kamera.  Enggak mudah Gan.. Milah aja sampai menyerah karena pusing dan diberi bantuan oksigen buatan.  Beruntungnya  Milah baru dua kali difoto langsung dapet yang bagus.  Nah akuh ... perasaan berulang kali difoto, serasa sudah  ribuan kali ke atas terus menyelam lagi… (lebay mode on).  Ga ada yang layak tampil semuanya berwajah ngelembung seperti ikan kembung wkwkwk…… Ada yang mendingan tapi body nya nyetak banget jadi terlihat seksih…xixixii..  Ya sudah seadanya saja.  Tadinya pengen upload di IG tapi ah alhamdulillah aku masih punya malu..hahaha.

Umbul Ponggok

Beginilah seharusnya pose-pose itu  🙂

Saat menaiki Tiger Temple dengan perjuangan luar biasa dan menemukan keindahan di atasnya, terus terang kalau diajak lagi ke sana aku menolak untuk naik lagi wkwkwk.  Tapi ke sini walau perjuangannya  berat tetap pengen lagi deh, karena main air itu sebetulnya menyenangkan.  Seperti orang yang pergi ke Mekah pasti pengen mengulangnya lagi… Eh tapi ga bisa dibandingin sih.  Kalau Mekah mah memang jauh lebih luar biasa.

Umbul Ponggok

Kehancuran Foto – Foto Kami… xixixi

Terlebih lagi melihat keindahan di dasar Umbul Ponggok yang memang indah … hmmm ngangenin deh.  Melihat keindahan ikan-ikan,,, dan pemandangan di dalamnya… Tempat yang cucok buat yang mau belajar diving.   Tetap bisa melihat keindahan bawah laut tapi jauh lebih aman dari pada di laut.

Umbul Ponggok Klaten memang bukan kolam renang, karena di sini kita bisa menikmati keindahan bawah air.  Berenang bersama ikan air tawar yang berwarna warni menjadi sensasi yang unik dan menyenangkan.  Umbul Ponggo ini dulu sebenarnya adalah sebuah mata air berbentuk kolam.  Memiliki kedalaman 1,5 meter sampai 3 meteran.  Airnya pun bersih dan jernih bernuansa biru yang menggoda

Usai menyelam kami kelaparan akhirnya pesan mie dengan taburan cabe rawit yang menggoda banget… sesekali lah bernakal-nakal ria, makan mie instans yang pedes banget ..hehe….Jadi begitulah..saudara..saudara… Suatu saat nanti ingin ke sini lagi berfoto dengan pose yang baik dan benar…xixixi…. Yang jelas worth it lah jalan-jalan ke Umbul Ponggok karena memang menyenangkan sekali….   🙂 Yuk main ke sini teman-teman 😀

 

19 Comments

  1. Gita Siwi June 2, 2018
  2. Okti Li June 2, 2018
  3. Tian lustiana June 2, 2018
  4. Innova Carolina June 2, 2018
  5. Fenni Bungsu June 2, 2018
  6. kurnia amelia June 2, 2018
  7. Tukangjalanjajan June 2, 2018
  8. Ade UFi June 2, 2018
  9. Endah marina June 2, 2018
  10. Nia K. Haryanto June 2, 2018
  11. Amallia Sarah June 2, 2018
  12. Amallia Sarah June 2, 2018
  13. Nefertite Fatriyanti June 2, 2018
  14. April Hamsa June 2, 2018
  15. Dzulkhulaifah June 3, 2018
  16. Eni Martini June 3, 2018
  17. rizki rakhmat June 4, 2018
  18. Witri Nur June 5, 2018
  19. Milda Ini June 6, 2018

Leave a Reply