Kemping Bersama Keluarga

Posted on

Salah satu cara untuk mengisi liburan favorit adalah dengan aktivitas kemping bersama keluarga.  Pasti menjadi aktivitas yang menyenangkan, seru, pastinya akan menjadi pengalaman yang  tak terlupakan dan yang penting lagi adalah hemat anggaran.

Jadi Kemping bersama keluarga? Mengapa Tidak.

Musim liburan telah tiba dan ini saatnya kita membebaskan anak-anak dari tugas, ulangan dan segala kegiatan yang ada hubungannya dengan sekolah.

Bila ingin menghadiahi anak-anak sesuatu sebagai penghargaan atas kerja keras mereka selama ini dalam hal akademis, namun tak punya ide mengenai tempat atau aktivitas liburan yang berkesan untuk mereka. Mengapa kita tidak mencoba melakukan sesuatu yang baru bersama seperti kemping bersama keluarga ini.

Kemping bersama keluarga kami rekomendasikan sebagai aktivitas mengisi liburan yang tepat dan mengasyikkan untuk seluruh keluarga.

Mendirikan tenda bersama, menata bagian dalam tenda, belajar memasak, berbagi makanan dengan anggota keluarga lain adalah sebagian kecil hal-hal yang dapat dipelajari anak dalam kemping  bersama keluarga. Anak-anak akan belajar bagaimana cara bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan.

Kita juga dapat mengenalkan cara-cara hidup bersahabat dengan alam dan pentingnya menjaga kelestarian alam sekitar melalui kegiatan ini.

Dedi Kartaji Kemping Bersama Keluarga
Kemping Bersama Keluarga

Tips Kemping Bersama Keluarga

Mungkin teman-teman suka kemping semasa sebelum menikah, tapi mungkin kita sempat berpikir kemping bersama keluarga dengan membawa anak-anak bukanlah ide bagus karena pasti ribet. Di rumah saja mereka sudah merepotkan, apalagi jika diajak menginap di luar ruangan.

Eits, jangan putus asa dulu. Bukan tidak mungkin anak-anak malah menyukainya, dan itu sangat tergantung dari keberhasilan kemping bersama perdana yang kita adakan.

Tak perlu khawatir seandainya kita belum berpengalaman dalam menyelenggarakan kemping bersama keluarga, karena artikel Ida Journeys kali ini punya beberapa tips agar acara kemping bersama keluarga ini menjadi kegiatan yang sukses dan mengasyikkan.  

Apa saja tips kemping bersama keluarga ini?  Yuks kita simak beberapa hal yang penting yang harus diperhatikan.

1. Sosialisasikan.

Sosialisasi tentang kemping bersama keluarga penting agar anak tidak merasa kecewa dengan apa yang akan ditemui dan dialaminya nanti di lokasi perkemahan.

Jika anak-anak tampak tidak tertarik, tunjukkan gambar-gambar tenda untuk berkemah dan ajak mereka membayangkan bagaimana rasanya tidur dalam tenda.

2. Pilih lokasi.

Kemping bersama keluarga tentu akan sangat berbeda dengan kemping yang pernah kita  lakukan bersama teman-teman semasa sekolah atau kuliah. Oleh karena itu kita harus menyesuaikan dengan kondisi kemping bersama anak-anak.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah jangan memilih medan yang terlalu berat untuk dijangkau seperti di dalam hutan, misalnya. Karena ini akan terlalu berat untuk anak-anak kita. 

Alih-alih ingin membahagiakan anak, malah membuat mereka ketakutan atau tidak betah dengan suasana yang menurutnya tidak menyenangkan. Sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota dan suasananya tidak terlalu sunyi.

3. Survey lokasi.

Survey lokasi penting agar kita tidak kesulitan mencari toilet atau air untuk keperluan memasak. Dengan melakukan survey kita dapat memutuskan jenis tenda dan peralatan apa saja yang harus kita bawa untuk kemping bersama keluarga.

Dedi Kartaji: Kemping Bersama Keluarga
Kemping Bersama Keluarga

4. Lama berkemah.

Rencanakan dengan seksama berapa hari kemping akan dilakukan, karena ini penting untuk menentukan peralatan apa saja yang harus kita bawa.

Sedangkan peralatan yang perlu dibawa saat kemping bersama keluarga adalah:

  • Pakaian ganti, jaket, jas hujan, topi
  • Peralatan mandi
  • Senter dan LED
  • Air minum dalam kemasan
  • Peralatan memasak seperti panci untuk memasak nasi, nesting, kompor spiritus atau kompor paraffin
  • Perlengkapan makan
  • Sleeping bag dan selimut
  • Losion anti nyamuk
  • Sepatu untuk hiking, sandal karet dan kaos kaki
  • Bahan makanan, antara lain  beras, makanan kaleng (sarden dan kornet) dan sayur-sayuran yang tahan lama (wortel, buncis, kentang dsb.)
  • Camilan
  • Obat-obatan
  • Korek api
  • Kamera untuk keperluan dokumentasi

Nah, selamat mencoba untuk beraktivitas kemping bersama keluarga ini ya teman-teman. Mudah-mudahan menjadi acara yang menyenangkan dan tak terlupakan. 

Punya pengalaman seru saat kemping bersama anak-anak dan pasangan? Yuk, berbagi pengalaman tentang asyiknya kemping bersama keluarga melalui kolom komentar di bawah ini.

 

Gravatar Image
Assalamualaikum, perkenalkan saya Ida Tahmidah, mommy traveller, blogger enthusiast, having fun with 5 children, Insya Allah suatu saat menjadi penulis hebat. Kunjungi juga web https://idatahmidah.com meet me at social Media, and say salam

9 thoughts on “Kemping Bersama Keluarga

  1. Perlu persiapan matang sampai “sounding” yang tepat ya sebelum mengajak anak kemping. Daan pastinya kalau semuanya berjalan sebagaimana mestinya maka kemping akan sangat menyenangkan.

  2. Baru satu kali ajak anak tidur di hutan.
    waktu itu di rumah pohon sih mbaaa, jadi ku ga mendirikan tenda
    asliii, seru bangett!
    Pengin coba lagi suatu hari nanti 😀

  3. keren banget mbak, bisa kemping bersama keluarga. saya mau kemping gak jadi jadi hehe. pernah sekali diajak sama suami kemping barengan sama kampus, saya gak mau riweuh, jadi aja cuma suami aja yang pergi. padahal mah asyik juga ya kemping barengan keluarga begitu yaa.

  4. Kemping selalu mengessankan bareng keluarga, terakhir mah kemping manja,soalnya anakku ga terlalu suka kemping, jadi kemping bawa diri aja, udah dipersiapkan semuanyaa, tinggal menikmai alam.

  5. Aku pingin banget kemping keluarga, udah merencanakan beberapaka kali eh ada musibah, terakhir mau jalan tapi pandemi. Semoga bisa segera terlaksana.
    Baca duku tip kemping bersama keluarga di postigan ini supaya lebih siap ah. Peralatan juga harus lengkap ya sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *