9 Destinasi Wisata Cantik di Kawasan Pulau Komodo

Pulau Komodo

Pulau Padar

Pulau Padar

Pulau Padar memiliki medan yang paling menantang, namun juga memiliki keindahan yang luar biasa. Pulau Padar merupakan pulau terbesar ketiga di kawasan Taman Nasional Komodo setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Nuansa Pulau Padar berbeda dengan pulau lainnya, memandangnya dari puncak bukit seolah kita sedang berada di planet lain. Bentang alamnya unik memiliki hamparan bukit yang bercabang-cabang membelah lautan. Seperti deretan teluk kecil berbentuk cekungan yang bagian pinggiranya memiliki pasir putih. Cekungan itu terpisah satu sama yang lainnya dibatasi oleh tebing-tebing batu.

Karena keindahannya, tempat wisata Pulau Padar ini dijadikan gambar background di uang rupiah pecahan Rp 50.000 cetakan tahun 2016. Karena keindahannya pulalah, Pulau Padar sudah dimasukkan UNESCO sebagai salah satu situs Warisan Dunia sejak tahun 1991. Perjuangan mendaki bukit yang tidak terlalu terjal namun cukup panjang di bawah sinar matahari yang panas tanpa pepohonan untuk berteduh terbayar lunas dengan pemandangan saat berada di puncak Bukit Padar yang luar biasa indah eksotik.

Waktu yang paling tepat untuk treking di Pulau Padar adalah shubuh hari. Perjalanan jadi tidak terlalu panas oleh sengatan matahari karena hari masih pagi, dan yang penting kami bisa ikut menikmati saat matahari terbit dari puncak bukit yang luar biasa indah. Menyaksikan sunrise di atas Bukit Padar merupakan sebuah moment yang luar biasa dan tak terlupakan.

Pulau Padar memiliki bukit yang lebih tinggi daripada pulau-pulau tetangganya. Itulah sebabnya Pulau Padar lebih populer di kalangan trekker. Menuju puncak bukit sebetulnya tidak terlalu lama, hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit sampai dengan 1 jam.

Pulau Komodo

Pulau Namon

Pulau Komodo

Rusa di Pulau Namon

Pulau Namon

Pulau Namon merupakan sebuah pulau gosong alias pulau tak berpenghuni.  Tak banyak orang yang tau tentang pulau ini jadinya masih sangat sepi.  Sebetulnya di Itinerary kami harusnya ke Pantai Pink atau Pink Beach, tapi berhubung suasananya ramai kami diajak ke Pulau Namon ini.

Konon menurut Aa guide nya Pantai Namon ini lebih pink dari pantai Pink, namun hanya sedikit orang yang tahu tentang keberadaan pulau ini, jarang yang mengunjunginya.  Suasana jadi lebih bebas dan lebih privacy karaena hanya rombongan kami saja yang datang kemari.  Di sini juga kami melihat ada banyak burung gagak di pepohonan serta binatang rusa yang bebas berkeliaran.  Suasananya masih sangat asli dan alami belum banyak tersentuh manusia.

Pulau Komodo

Pulau Manjarite

Pulau Manjarite

Pulau Manjarite kami bersnorkeling ria kembali. keindahan pemandangan di bawah airnya memang luar biasa.  Arus di sini tidak terlalu deras karena pelabuhannya dikelilingi bukit sedikit agak tersembunyi.  Memiliki dermaga yang panjang hingga kapal mudah bersandar.

Air lautnya sangat jernih kehijauan, matahari yang bersinar terik, sinarnya dapat menembus sampai kedalaman lima meteran.  Ekosistem bawah lautnya beragam, ikan nya pun indah berwana warni sungguh elok dipandang.

Pulau Komodo

Pulau Kelor

Pulau Kelor

Pulau tujuan terakhir kami mengelilingi Kawasan Taman Nasional Komodo ini adalah Pulau Kelor.  Sebuah keindahan paripurna, mulai dari keindahan bawah laut, pantai sampai bukitnya semuanya indah.  Aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah treking ke bukit yang terletak persis di tengah pulau.  Dari atas bukit itu kita bisa melihat keindahan landscape Pulau Kelor yang paripurna.

Tidak seterjal Pulau Padar, namun jangan sepelekan walau bukitnya lebih kecil dan pendek tapi banyak rintangan yang kita hadapi di sini mulai dari keterjalan sampai jurang yang curam.  Semua perjuangan mendaki akan terbayar lunas setelah memandang keindahan alam Pulau Kelor dari atas puncak bukit.

Snorkeling di Pulau Kelor juga sangat berkesan, karena keindahan alam bawah lautnya yang juga luar biasa.  Sungguh Maha Besar Allah SWT dengan segala ciptaanNya yang luar biasa.

Setelah dari Pulau Kelor kami harus kembali ke darat dan menginap semalam di hotel tempaat kami menginap sebelumnya untuk melajutkan perjalanan di Pulau Bali.  Alhamdulillah sebuah perjalanan yang sangat menyenangkan dan mengingatkan kami akan kebesaran Nya.

Pulau Komodo

Kembali ke Hotel

28 Comments

  1. Okti Li October 5, 2018
  2. Rani Yulianty October 5, 2018
  3. Sandra Hamidah October 5, 2018
  4. Rita Asmaraningsih October 5, 2018
  5. Rara febtarina October 5, 2018
  6. Sara Neyrhiza October 5, 2018
  7. Armita Fibriyanti October 5, 2018
  8. Nia K. Haryanto October 5, 2018
  9. Novita Leviyanti October 5, 2018
  10. Ulu October 6, 2018
  11. Nisya Rifiani October 6, 2018
  12. Dzulkhulaifah October 6, 2018
    • Ida Tahmidah October 6, 2018
  13. Cinta Maulida October 6, 2018
    • Ida Tahmidah October 6, 2018
  14. Tukang Jalan Jajan October 6, 2018
  15. Uwien Budi October 6, 2018
  16. Nathalia DP October 6, 2018
  17. ZILQIAH October 8, 2018
  18. Tika Samosir October 8, 2018
  19. Eva Sri Rahayu October 8, 2018
  20. Elvina Yanti October 9, 2018
  21. Sugi Siswiyanti October 9, 2018
  22. Akarui Cha October 9, 2018
  23. Nchie Hanie October 14, 2018
  24. evi sri rezeki October 22, 2018

Leave a Reply