9 Destinasi Wisata Cantik di Kawasan Pulau Komodo

idajourneys.com   Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, sebuah tempat wisata yang sungguh cantik dan memesona.   Selain keindahan pemandangannya yang luar biasa, wisata bawah lautnya pun tak kalah indah sehingga menjadi magnet bagi para pecinta olaharaga bawah air untuk berbondong-bondong ke tempat wisata di Kawasan Pulau Komodo ini.

Untuk menjelajahi Kawasan Pulau Komodo yang dikenal  dengan sebutan Kawasan Taman Nasional Komodo biasanya kita akan memulai perjalanan dari Labuan Bajo yang tidak jauh dari Bandara Udara Internasional Komodo.   Kita bisa melihat dermaga yang ada di Labuan Bajo dipenuhi kapal-kapal penumpang yang siap mengantar para wisatawan ke berbagai tempat wisata.  Salah satunya tentu saja Pulau Komodo yang terletak di sebelah barat Labuan Bajo.

Begitu banyak tempat wisata di Labuan Bajo dan salah satunya adalah Kawasan Pulau Komodo ini.  Di Kawasan Pulau Komodo ini ada banyak tempat yang bisa kita kunjungi karena Kawasan Pulau Komodo terdiri dari banyak pulau.  Ada  beberapa tempat yang kami kunjungi saat menjelajahi Kawasan Pulau Komodo ini selama tiga hari, dua malam (3D, 2N) dengan mengendarai kapal layar.

Pulau Komodo

Menyantap welcome drink, siap2 berlayar

O ya kami mengikuti paket tour dan meeting point kami di Dermaga Labuan Bajo, di sini kami bertemu dengan teman-teman baru.  Awalnya kami hanya berdua, kemudian saat jalan-jalan di Labuan Bajo jadi berempat, dan saat kami berlayar kami menjadi bertujuh.  Semuanya perempuan alhamdulillah, sayangnya para kru awak kapal semuanya laki-laki, jadi tetap tidak bisa bebas deh hehe…

Beberapa tempat yang kami singgahi saat berlayar dari pulau ke pulau itu adalah :

Pulau Komodo

Foto Bareng di Pulau Kanawa

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa  ini menjadi pulau pertama yang kami singgahi.  Sekilas namanya mirip dengan Pulau Kanewa yaitu nama sebuah pulau di Sumbawa Nusa Tenggara Barat.  Saat pertama kali menginjakkan kaki di Dermaga Pulau Kanawa akan terlihat laut biru yang begitu bening.  Dari atas dermaga saja kita bisa melihat ikan-ikan kecil berenang.

Pulau yang memiliki luas 32 hektar ini memang memiliki pemandangan alam yang sangat menawan, terlihat mirip seperti pulau pribadi.  Hamparan pasir putih yang sangat putih dan halus, air laut yang hijau bening, bukit kecil berwarna kecoklatan sebuah paduan indah yang memanjakan mata.  Di sini kami asyik berfoto ria, bersnorkling ria melihat pemandangan bawah air yang indah sekali.  Terumbu karang yang cantik dihiasi bermacam ikan yang hilir mudik berenang dengan riangnya.

Pulau Komodo

Treking di Gili Lawa

Pulau Gili Lawa

Gili Lawa, siapa yang tak kenal nama ini, baru-baru ini namanya mencuat, namun sayang  bukan karena keindahannya tapi karena kebakaran yang menimpanya.  Sungguh sedih bila membayangkan kecantikan Gili Lawa yang dalam sekejap lenyap karena ulah manusia yang mengunjunginya.

Gilli Lawa merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di sebelah utara Pulau Komodo.  Nama lain dari Gilli Laba ini terdiri dari Gili Lawa Darat dan Gili Lawa Laut.  Pulau ini cantik sekali dengan hamparan padang rumput luas yang berwarna kuning kecoklatan di musim kemarau dan berwarna hijau segar di musim hujan.  Dikelilingi oleh lautan biru yang juga cantik.

Kami melakukan treking di sini ketika hari menjelang sore, hingga saat di puncak kami bisa menikmati keindahan sunset yang terkira.  Mendaki puncak bukit Gili Lawang ini memang lumayan terjal dan membutuhkan kekuatan fisik yang fit.  Untuk mencapai puncaknya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.  Saat menuruni bukit ini hari sudah mulai larut malam.  Tetapi suasana sungguh mengasyikan dan unik, menjelajah bukit gersang di malam hari… hmmm .. kok jadi begitu berasa romantis ya  hahaha….

Keindahan Gili Lawa kini hilang sudah, entah harus menunggu berapa lama agar bisa menjadikannya kembali indah seperti semula.  Kebakaran yang menimpanya membuat bukit berubah menjadi hitam gosong tak menarik lagi,  Insya Allah bisa kembali seperti semula tapi tentu saja membutuhkan waktu.

Pulau Komodo

Taka Makasar

Taka Makasar

Taka Makassar merupakan sebuah gosong pasir yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo. Airnya yang jernih dan berwarna hijau tosca yang cerah serta keindahan pemandangan bawah lautnya yang luar biasa indah menjadi daya tarik para wisatawan dan menjadikan Taka Makassar sebuah tempat wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan

Taka Makassar masih termasuk dalam tempat wisata di kawasan Taman Nasional Komodo, terletak persis di sebelah Pulau Komodo. Pulau Pasir Taka Makassar dibentuk dari pasir yang berkumpul dan membentuk daratan, sehingga di sekitar pulau dikeliling pasir putih. Pulau pasir yang satu ini memang cukup unik karena merupakan sebuah gugusan yang terdiri dari beberapa pulau dengan ukuran kecil. Beberapa di antaranya bersifat pasir timbul yaitu hanya muncul saat air laut surut. Luas pulau-pulau kecil ini tidak  mencapai luas sebuah lapangan sepak bola.

Pulau Komodo

Melihat dari dekat Manta raksasa di Manta Point

Manta Point Komodo

Manta Point Komodo adalah salah satu lokasi dive dan snorkling yang paling banyak jadi target tujuan wisata  para traveler pecinta olah raga diving dan snorkeling.   Di sini kita bisa berjumpa dengan ikan manta raksasa atau biasa disebut Manta Ray selain ekosistem lain di air.

Mengasyikan bisa menyentuh Manta Ray karena memberikan sensasi tersendiri, hingga terkadang kita betah berlama-lama di sini.  Yang perlu diperhatikan saat snorkeling di sini karena arus kencang di bawah laut yang bisa membawa kita secara tidak sadar bermeter-meter dari kapal kita.  Di daratan para pengunjung bisa menemukan komodo di sini.

Pulau Komodo

Ngeri ngeri sedap

Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan pulau utama dan terbesar yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo.  Di pulau ini kita bisa melakukan treking ke hutan untuk dapat mengamati kehidupan liar komodo dan satwa lainnya seperti babi hutan, rusa dan berbagai jenis burung.

Di pulau yang cantik ini kita melakukan treking jarak dekat, sedang atau jauh tergantung keinginan dan kekuatan fisik kita.  Di sana kita akan didampingi oleh seorang pawang yang dikenal dengan sebutan Ranger.  Tak selamanya beruntung bisa melihat komodo secara langsung.  Karena di musim tertentu para komodo itu bersembunyi di hutan.  Biasanya itu mereka lakukan saat musim kawin.

Kami ke Pulau Komodo itu bulan Juli, ternyata mereka sedang musim kawin.  Menurut para ranger komodo sedang susah ditemui.  Beruntung ada komodo yang masih remaja nyasar dekat gerbang Taman Nasional Pulau Komodo jadi ga usah capek capek treking mencari keberadaan makhluk langka yang  berbisa ini.

28 Comments

  1. Okti Li October 5, 2018
  2. Rani Yulianty October 5, 2018
  3. Sandra Hamidah October 5, 2018
  4. Rita Asmaraningsih October 5, 2018
  5. Rara febtarina October 5, 2018
  6. Sara Neyrhiza October 5, 2018
  7. Armita Fibriyanti October 5, 2018
  8. Nia K. Haryanto October 5, 2018
  9. Novita Leviyanti October 5, 2018
  10. Ulu October 6, 2018
  11. Nisya Rifiani October 6, 2018
  12. Dzulkhulaifah October 6, 2018
    • Ida Tahmidah October 6, 2018
  13. Cinta Maulida October 6, 2018
    • Ida Tahmidah October 6, 2018
  14. Tukang Jalan Jajan October 6, 2018
  15. Uwien Budi October 6, 2018
  16. Nathalia DP October 6, 2018
  17. ZILQIAH October 8, 2018
  18. Tika Samosir October 8, 2018
  19. Eva Sri Rahayu October 8, 2018
  20. Elvina Yanti October 9, 2018
  21. Sugi Siswiyanti October 9, 2018
  22. Akarui Cha October 9, 2018
  23. Nchie Hanie October 14, 2018
  24. evi sri rezeki October 22, 2018

Leave a Reply